lagipergi

Candi Gedong Songo, Pesona 9 Candi di Lereng Gunung Ungaran

thumbnail
Inilah pesona candi gedong songo yang bakal kamu temui ketika menjelajah 9 candi yang tersebar di lereng gunung ungaran
Pingin refreshing, tapi nggak tau harus kemana?

Buat kamu yang berada di sekitar kabupaten semarang, kamu bisa mencoba menjelajah candi gedong songo (candi di atas awan). Karena selain kamu bisa menikmati sejuknya udara khas pegunungan, disana kamu juga bisa melihat pesona 9 candi yang tersebar di lereng gunung ungaran.

Coba lihat dulu gambaran dari suasana yang bisa kamu dapatkan di candi gedong songo:

candi gedong songo
Gambar: Candi Gedong Songo
Kamu mungkin sekilas menyadari bahwa candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng yang ada di Wonosobo. Ya, candi gedong songo tersebut berada pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut. Maka tak heran jika suhu udara disini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C).

Oleh karena itu, saya menyarankan buat kamu yang ingin berkunjung ke candi gedong songo sebaiknya untuk mengenakan pakaian yang cukup hangat untuk menjaga suhu tubuhmu.

Nah, bagaimana menurut kamu? Jika belum puas, coba kamu ingat kembali. Karena disini kamu bakalan menjelajah 9 candi yang terbagi menjadi 5 komplek dengan bentuk dan suasana yang berbeda.

Oh iya, berikut ini merupakan gambaran dari jalan menuju beberapa candi disana:




Baiklah, saya rasa cukup perkenalannya. Kini saatnya saya mengajak kamu untuk menjelajah 9 candi yang ada di koplek percandian gedong songo.

Yang pertama, Candi Gedong I:

Candi Gedong 1
Gambar: Candi Gedong 1
Untuk dapat mencapai ke Candi Gedong I, kamu harus berjalan sejauh 200 meter melalui jalan setapak yang naik. Sabar, disini kamu bakalan menemukan banyak hal yang menarik untuk di lihat kok. Pokoknya, tetap nikmati perjalanan kamu.

Kita lanjut ke , Candi Gedong II.

Candi Gedong 2
Gambar: Candi Gedong 2
Sebenarnya, candi gedong 1 dan candi gedong 2 memiliki bentuk yang sama. Namun yang membedakannya terletak pada atap dimana pada gedong 2 memiliki atap yang masih utuh.

Untuk menuju komplek candi Gedong II, kamu harus ekstra kuat dan semangat. Karena letaknya sekitar 500 meter lebih dari komplek candi I. Jangan khawatir kalau sampai kamu lelah di jalan karena beberapa Gazebo sudah di siapkan untuk tempat istirahat para pengunjung yang lelah naik ke perbukitan.

Kini tiba saatnya kamu ke Candi Gedong III.

Candi Gedong 3
Gambar: Candi Gedong 3
Jangan khawatir karena jarak dari Candi Gedong II ke Gedong III cukup dekat kok, tinggal berjalan naik sedikit nanti kamu akan sampai di Candi Gedong III.

Sebagian besar bangunan Candi Gedong III masih lengkap yaitu: terdiri dari Satu Candi Induk yang menghadap kebarat, dua candi perwara yang terletak dikanan dan depan Candi Induk serta reruntuhan batu disamping kiri belakang Candi Induk.

Didalam relung Candi induk kamu juga bisa melihat arca Agastya, Ganesaha dan Dewi Durga.

Kemudian ada Candi Gedong IV yang berada satu bukit dengan Candi Gedong V yang letaknya paling atas. Dipekirakan di Kompleks Candi Gedong IV ini dulunya terdapat banyak bangunan Candi, namun sebagian besar telah runtuh.

Candi Gedong 4
Gambar: Candi Gedong 4
Yang dapat kamu temui di Candi Gedong IV yaitu satu buah Candi Induk yang menghadap kebarat, reruntuhan batu Candi disekitar Candi Induk dan juga satu Candi Perwara menghadap ketimur yang masih utuh namun letaknya agak sedikit jauh dari Candi Induk Gedong IV, tetapi masih dalam satu kompleks.

Selain itu di relung sebelah kiri Candi Induk juga masih terdapat Arca Agastya namun agak kurang jelas karena telah rusak. Nah, setelah puas menikmati candi-candi di komplek sebelumnya kini saatnya kamu menuju ke komplek candi yang berada paling atas yakni Candi Gedong V.

Untuk mencapai Candi Gedong V tetap membutuhkan perjuangan loh. Meskipun perjalanannya dekat namun medannya cukup menanjak, karena Candi gedong V adalah Candi terakhir dan paling atas di Kompleks Candi Gedong Songo.

Candi Gedong 5
Gambar: Candi Gedong 5
Letaknya pun paling tinggi dari Candi-candi yang lain yaitu dipuncak bukit. Yang dapat kamu temui di Kompleks Candi Gedong V yaitu satu Candi Induk yang menghadap kebarat serta reruntuhan batu Candi dan reruntuhan Candi Perwara disekitar Candi Induk.

Selain itu, dari Kompleks Candi Gedong V kita bisa melihat Candi Gedong II dan III yang nampak dari kejauhan. Nah, mungkin untuk dapat menjelajah candi gedong songo memang membutuhkan tenaga yang cukup banyak. Tapi, semua perjuangan itu, akan terbayarkan dengan pemandangan yang sangat luar biasa.

Oh iya, buat kamu yang tidak kuat mendaki bukit. Kamu bisa menggunakan jasa sewa kuda yang telah di sediakan oleh pihak pengelola candi gedong songo untuk menjelajah komplek sesuai paket yang ingin kamu pilih.

Sejarah

Memang, hingga kini para arkeolog belum bisa menemukan salah satu bukti sejarah candi gedong songo terlebih mengenai tahun pembangunan kompleks Candi Gedong Songo dan seperti apakah latar belakang pembangunannya.

Namun, dilihat dari bentuk arsitektur dan lokasinya, bisa diprediksi bahwa kompleks candi ini dibuat pada masa pemerintahan dinasti Sanjaya Hindu di Jawa yaitu sekitar abad ke-8.

Dilihat berdasarkan lokasi bangunan candi yang berada di perbukitan, hal ini menunjukkan bahwa candi gedong songo difungsikan sebagai tempat untuk pemujaan. Karena menurut kepercayaan Hindu pada masa itu, gunung dianggap sebagai kahyangan atau surga tempatnya para dewa.

Selain itu kesimpulan tersebut juga bisa diambil dari ciri bentuk bangunan yang sangat mirip dengan kompleks Candi Dieng.

Sejarah ditemukannya candi gedong songo dimulai pada tahun 1740 oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Namun, pada saat itu beliau hanya menemukan 7 buah bangunan candi sehingga dia menyebutnya dengan Candi Gedong Pitu, yang berarti tujuh candi (dalam bahasa jawa).

Lalu, pada tahun 1908 - 1911 seorang arkeolog asal belanda bernama Van Stein Callenfels melakukan penelitian di lokasi kompleks candi ini dan kemudian menemukan juga 2 bangunan candi lain, sehingga total candi yang ditemukan menjadi 9 buah.

Dengan ditemukannya 2 candi lain ini, lalu nama Gedong Pitu berubah nama menjadi Gedong Sanga yang berarti sembilan candi (dalam bahasa jawa).

Fasilitas dan Akomodasi

Apa yang dapat kamu temui di candi gedong songo?

Pemandian Air Panas di Candi Gedong Songo
Suasana Pemandian Air Panas di Candi Gedong Songo

Nah, selain sebagai obyek wisata sejarah. Candi gedong songo juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda.

Tiket dan Parkir

Untuk harga tiket masuknya terbilang murah meriah, karena kamu cuma perlu bayar Rp. 7.500 untuk hari biasa. Oh iya, buat kamu yang ingin rasanya wisata berkuda berikut ini merupakan rincian harga yang bisa kamu pilih.
  • Wisata Desa - Rp 25.000
  • Ke Air Panas - Rp 60.000
  • Ke Candi II - Rp 40.000
  • Paket Candi Songo - Rp 70.000
Lihat Gambar Berikut ini:

Harga Wisata Berkuda di Candi Gedong Songo
Paket Wisata Berkuda di Candi Gedong Songo

Lokasi & Peta

Jika kamu masih bertanya-tanya dimana letak candi gedong songo, maka silahkan perhatikan peta berikut ini:


Oh iya, secara administrasi candi gedong songo berada di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Aksesbilitas

Untuk menuju candi gedong songo, memang dibutuhkan kesabaran dan konsentrasi yang tinggi karena kemiringan jalannya yang naik turun sangat tajam (rata-rata mencapai 40 derajat).

Berikut daftar jarak tempuh yang harus kamu lewati:
  • Gedong Songo - Ungaran : 25 km
  • Gedong Songo - Ambarawa : 15 km
  • Gedong Songo - Semarang : 45 km
Untuk dapat sampai ke candi tersebut, biasanya wisatawan harus rela menempuh perjalanan selama kurang lebih 40 menit dari kota ambarawa atau 10 menit dari objek wisata bandungan.

Video

Kesimpulan

Bagi kamu yang suka dengan obyek wisata sejarah mungkin nama candi gedong songo sudah tidak asing lagi. Seperti yang ada ketahui, candi ini berada di ketinggian 1.200 meter dpl dan dijuluki dengan sebutan candi di atas awan. Dari tempat ini kamu juga melihat pemandangan kota semarang, salatiga, dan juga ambarawa.

Nah, bagi kamu yang merasa lelah harus menyusuri jalan berliku. Kamu bisa menggunakan jasa sewa kuda yang telah disediakan oleh pihak pengelola dengan harga yang sudah ditentukan.

Bagi kamu yang ingin merasakan hangatnya air belerang, kamu bisa berendam di pemandian air panas yang ada di kawasan candi gedong songo dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000 saja. Lokasinya berada diantara candi gedung 3 dan candi gedung 4, terdapat sebuah kepunden gunung dengan sumber air panas yang mengadung kadar belerang cukup tinggi.
Lagi Pergi

Damas

Travel blogger pemula yang lahir dan dibesarkan di Magelang. Suka dengan tulisan saya? Yuk follow saya di Instagram!